Museum Purbakala Akhirnya Diresmikan walaupun sempat terjadinya kendala.

Dok, Portal Pantura, Peresmian Pembangunan Museum Purbakala BUTON Desa Galuh Timu Kec.Tonjong Kab.Brebes

ARAH BARU – Bupati Brebes Idza Priyanti, senin (27/11/22) akhirnya meresmikan Museum Purbakala yang terletak di Desa Galuh Timur Kecamatan Tonjong. Pada Kamis (12/5/22) terjadi tragedi ambruknya bangunan pada bagian atap terasnya. Museum ini dibangun dengan APBD tahun 2021 lalu sebesar Rp. 752 juta.

Kasus ambruknya bangunan museum disidik oleh pihak kejaksaan setempat. Terlebih bangunan ini sempat menjadi perhatian public karena belum diresmikan tetapi sudah ambruk.
Musem Purbakala ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Apalagi, usia fosil dari purbakala di Tonjong, Bantarkawung dan Bumiayu ternyata usianya mencapai 1,8 juta tahun lalu . Hal tersebut dikatakan oleh Bupati Brebes Idza Priyadi
Bupati Brebes Idza Priyanti mengatakan, Musem Purbakala ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Apalagi, usia fosil dari purbakala di Tonjong, Bantarkawung dan Bumiayu ternyata usianya mencapai 1,8 juta tahun lalu.
“Sehingga dengan terbangunnya museum ini diharapkan dapat menjadi pusat penelitian, pembelajaran sejarah untuk masyarakat umum dan anak-anak. Di mana, yang tadinya di sini lautan sekarang jadi daratan,” kata Idza Priyanti.
Sementara Koordinator Pelestari Fosil Situs Bumiayu H Rafli Rizal mengungkapkan usaha pihaknya meminta museum ke pemerintah sudah terwujud. Sehingga, barang-barang yang sudah ada dapat dimanfaatkan sebagai museum edukasi.
Meski sudah diresmikan, dirinya berharap pemerintah bisa segera memperbaiki akses jalan menuju museum. Di mana, ruas jalan sepanjang kurang lebih 3 kilometer (KM) bisa diperbaiki.
“Sama listrik juga belum masuk, MCK dan mushala juga belum. Sedangkan untuk operasinya, nanti kita usulkan ya,” pungkasnya.

Spread the love
BACA JUGA :  Seribu Pohon Ditanam di TPA Kopi Luhur Kota Cirebon Dalam Rangka Memperingati HMPI 2022

Mungkin Anda juga menyukai