Rest Area 207A Tol Palikanci Sediakan Fasilitas Guna Siap Sambut Pemudik

ARAH BARU – Tidak lama lagi masyarakat muslim akan merayakan hari raya Idulfitri 1444 Hijriah. Masyakarat pun mulai melakukan mudik untuk merayakan lebaran bersama keluarga di kampung halaman.

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Pemerintah untuk masyarakat yang ingin berkumpul bersama keluarga.
Perayaan lebaran tahun ini diprediksi akan lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya, bahkan pada saat Pandemi COVID-19.

Rest Area 207A Tol Palikanci pun yang telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut pemudik yang ingin beristirahat. Selain itu juga, berbagai fasilitas disiapkan untuk memberikan kenyamanan para pemudik.

Irwansyah Rinaldhi, Manager Operasional Wilayah II Jawa Barat PT Jasa Marga Related Business mengatakan Rest Area 207A Tol Palikanci telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut para pemudik lebaran tahun 2023. Mulai dari rekayasa lalu lintas di Rest Area, menambah toilet fungsiona, hingga persediaan BBM.

“Kami sudah melakukan perisapan, pertama kita menyiapkan rekayasa lain untuk mempermudah para pemudik agar tidak terjadi kemacetan di Rest Area 207A. Kedua kami menyiapkan total 152 bilik toilet, termasuk tambahan toilet fungsional sebanyak 63, kami juga sudah memastikan kecukupan BBM selama arus mudik bekerjasama dengan Pertamian,” ujar Irwansyah saat ditemui About Cirebon, Kamis (13/4/2023).

Agar tidak terjadi antrian panjang, kata Irwansyah, pihaknya juga menambah line atau dispenser untuk pengisian BBM dari 5 menjadi 8 line. Selain itu, pihaknya juga menambah petugas sebanyak 20 orang personil pershifnya.

“Untuk pershifnya ada 20 petugas. Untuk normal hanya 15 orang petugas saja pershifnya,” katanya.

Rest Area 207A bisa menampung hingga 800 kendaraan saat musim mudik lebaran. Namun, untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan di dalam Rest Area, pihaknya akan melakukan sistem buka tutup dan pembatasan waktu beristirahat seperti tahun-tahun sebelumnya.

BACA JUGA :  Pesona Desa Sejahtera Astra Wisata Negeri Hila : Tanah Maluku Menembus Cakrawala Dunia

“Mengingat pengalaman tahun lalu, metode itu (buka tutup) akan tetap kita terapkan dan pembatasan istirahat selam 30 menit. Kita juga akan bekerjasama dengan pihak kepolisian,” terangnya.

Untuk mengantisipasi pemudik yang berhenti di bahu jalan, pihaknya juga sudah mempersiapkan rubber cone di bahu-bahu jalan. Selain itu ada juga petugas yang akan patroli bersama dengan pihak kepoisian.

Pemudik bisa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada di Rest Area 207A mulai dari tiolet, tempat ibadah, SPBU, tempat makan dari berbagai kuliner tradisional, modern, hingga SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum). (HSY)

(Evi)

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai