Ekonomi Mulai Menggeliat, Kadin Minta Birokrasi Event Jangan Berbelit

Ekonomi Mulai Menggeliat, Kadin Minta Birokrasi Event Jangan Berbelit

CIREBON – Pasca pandemi, geliat ekonomi di Kota Cirebon mulai terlihat. Terbukti mulai digelarnya event-event baik lokal maupun nasional.

Hal itu mengundang perhatian Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kota Cirebon. Di tengah maraknya event, Kadin meminta birokrasinya dipangkas.

Wakil Ketua Kadin Kota Cirebon Bidang Bisnis Media dan Pers, Eko Ardi Nugraha, mengatakan diperpendeknya jalur perizinan suatu event, bisa memberikan efek positif terhadap petumbuhan ekonomi di Kota Cirebon.

Banyaknya konser musik maupun gelaran budaya yang mendatangkan artis nasional sebagai bintang tamunya, berdampak positif bagi pembangunan ekonomi di Kota Cirebon.

Pasalnya dengan banyak event, akan mendatangkan banyak tamu atau orang ke Cirebon.

Eko menyebutkan, Kadin Kota Cirebon mendukung penuh setiap gelaran konser musik atau event budaya di Kota Cirebon.

“Kami (Kadin) menyambut baik dan mendukung penuh setiap event hingga konser musik yang mendatangkan massa cukup besar di Kota Cirebon,” ucap Eko, Kamis (23/11/2023).

Disebutkan Eko, kegiatan yang bisa mengundang massa di Kota Cirebon, bisa berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi wilayah setempat.

“Event-event seperti ini tentunya akan berdampak positif bagi pembangunan ekonomi di Kota Cirebon karena wilayah ini akan didatangi ratusan bahkan ribuan pengunjung,” sebutnya.

Dijelaskannya, pihaknya mendorong pemerintah daerah Kota Cirebon untuk memperpendek jalur birokrasi dan perizinan.

Hal ini dilakukan, untuk menarik investor maupun promotor untuk mengadakan event berskala besar di Kota Cirebon.

“Kami meminta agar pemerintah daerah Kota Cirebon untuk memangkas birokrasi diadakannya konser musik dan budaya,” ujarnya.

Selain masalah birokrasi, beberapa fasilitas milik Pemerintah Kota Cirebon, juga bisa dipergunakan dalam gelaran event tersebut.

BACA JUGA :  Giliran PKL Pasar Sentral Makassar Sambut HUT RI ke - 78 dengan Gembira Ria

“Kami juga mendukung adanya penggunaan aset-aset pemerintah dijadikan venue atau lokasi konser,” sebutnya.

Eko mengatakan, konser musik dan gelaran budaya menjadi berkah tersendiri bagi pelaku UMKM, perhotelan dan bisnis transportasi karena satu kali event akan menimbulkan multiplier efek yang luar biasa.

“Karena ini akan menumbuhkan ekonomi khususnya di Kota Cirebon. Semuanya menimbulkan simbiosis mutualisma antara UMKM, perhotelan, transportasi dengan pihak promotor,” sambungnya.

Dijelaskan Eko, Kota Cirebon memiliki daya tarik tersendiri, sehingga banyak pelaku hiburan bisa memanfaatkan kondisi tersebut.

“Kota Cirebon menjadi daya tarik tersendiri bagi promotor untuk mengadakan event musik dan budaya,” ucapnya.

Hal lain yang bisa membuat Kota Cirebon menjadi pilihan tepat, merupakan wilayah seksi yang didukung oleh kabupaten lain yang langsung terhubung.

“Karena Kota Cirebon didukung oleh wilayah sekitarnya yang terintegrasi sehingga lebih mudah mengumpulkan massa terutama anak-anak muda,” pungkasnya.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai