Wawan Purwandi Kandidat Penghuni Senayan dari PKB, Usung Misi Memajukan Dunia Pendidikan

ARAHBARU Cirebon – Satu lagi anak muda yang ingin mengabdikan diri melalui jalur politik dengan mencalonkan diri sebagai salah satu kandidat penghuni gedung senayan. Dia adalah Wawan Purwandi, anak muda asal Indramayu yang berangkat menjadi Caleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Pria berkacamata yang akrab disapa Wawan ini akan bersaing dengan Caleg lainnya di Daerah Pemilihan Jabar VIII yang mencakup Indramayu, kota dan Kabupaten Cirebon.

Wawan punya visi dan misi besar saat dia terpilih sebagai penghuni gedung Senayan, yakni ingin memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

“Soal pendidikan nantinya kita akan fokus. Karena ini sangat penting ke depan, masih banyak PR yang harus dikerjakan,” tutur Wawan Purwandi, Caleg PKB nomor urut 7, saat silaturahmi dengan awak media.

Menurutnya, salah satu solusi dalam persoalan pendidikan yaitu dengan membenahi sistemnya. Caranya adalah dengan menyebarkan guru serta infrastruktur ke daerah pelosok.

“Kita bangun keunggulan pendidikan melalui keunggulan guru serta infrastruktur, ini harus tersebar rata di seluruh daerah. Itu salah satu pembenahan sistem dalam pendidikan kita,” ungkapnya.

Selain itu, menurutnya, ia pun kurang setuju dengan adanya label sekolah unggulan, sebab hal ini akan menimbulkan potensi pungutan liar di sekolah tersebut.

“Pungli di lingkungan sekolah itu salah satu hal yang cukup banyak dikeluhkan, caranya adalah dengan meniadakan label sekolah unggulan. Bagaimana caranya meniadakan label sekolah unggulan? Ya itu dengan cara menyebar rata para guru serta infrastruktur yang menunjang suatu sekolah, itu harus tersebar rata,” ujarnya.

Diketahui, Wawan Purwandi merupakan sosok muda dengan pengalamannya di kancah nasional. Ia pernah berkantor di BAPPENAS RI, Kemendes, Asisten Staf Ahli Wakil Presiden, Tenaga Ahli Ketua Komisi X DPR, Litbang Kompas, dan pelaksana berbagai kegiatan-kegiatan sosial.

BACA JUGA :  Pilkada Kabupaten Cirebon Memanas, Gerindra, Demokrat, Golkar dan PKB Deklarasikan Berkoalisi

“Selama ini saya sering di balik layar ke mana-mana. Mungkin saatnya membangun daerah sendiri ke depan, khususnya Indramayu dan Cirebon,” kata pria kelahiran 1979 dan alumni Ponpes Babakan Ciwaringin ini.

Oleh karenanya, sosok muda 44 tahun ini memaparkan berbagai hal-hal inovatif terkait tantangan ke depan, termasuk soal bagaimana menghadapi wilayah III Cirebon ini ketika ramai oleh berbagai industri atas dampak adanya Pelabuhan Peti Kemas Patimban dan Bandara Kertajati.

Sehingga, momen Pemilu 2024 mendatang, Wawan ingin mengabdikan dirinya untuk siap berkomitmen dengan masyarakat atas apa yang akan dibutuhkan ke depan, sesuai dengan fungsi wakil rakyat, yakni legislasi, penganggaran, dan pengawasan, agar kebutuhan dasar masyarakat dapat terpenuhi.

Alhasil, target yang akan dicapai, khususnya untuk Kursi DPR RI PKB di Dapil Jabar VIII, Wawan optimistia minimal bisa meraih dua kursi, yang sebelumnya pada 2019 PKB mendapatkan satu Kursi.(namrad)

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai