Rickie Ferdinansyah : Membangun Mental Masyarakat Hal Penting Yang Harus Dilakukan

ARAHBARU Cirebon – Sumber pendapatan daerah yang nyaris tidak akan pernah habis dan akan terus menghasilkan yakni dunia pariwisata. Tak heran jika kemudian ada daerah yang punya “jualan” obyek wisata tingkat kesejahteraan masyarakatnya juga meningkat, Bali misalnya.

Demikian disampaikan Rickie Ferdinansyah, politisi Nasdem yang tahun ini ikut dalam kontelasi pertarungan menuju Gedung Senayan Jakarta. Rickie melaju sebagai Caleg DPR RI dari Dapil Jabar VIII (Kota/Kab Cirebon dan Kab. Indramayu).

Dalam pandangan Rickie, Cirebon dan juga Indramayu sebenarnya punya potensi besar untuk mengembangkan wisata pantai, dimana bentangan panjang pantainya cukup bagus untuk dijadikan salah satu program sumber pendapatan. Baik pendapatan untuk pemerintah daerahnya maupun peningkatan pada taraf hidup (ekonomi) warganya.

Hanya saja, dalam pandangan Rickie setidaknya ada hal penting yang menjadi “jantung” agar program itu bisa hidup dan berkelanjutan. “Dan itu sangat penting,” tandasnya.

Yang pertama dan paling utama, sambung Rickie, yakni membangun mental masyarakat, khususnya masyarakat yang bersinggungan langsung dengan daerah wisata tersebut. “Jika mental itu belum terbangun saya tidak yakin akan berjalan sesuai harapan,” katanya.

Membangun mental masyarakat itu yakni menumbuhkan rasa tanggungjawab, disini masyarakat diberikan peran penting untuk merawat dan memelihara obyek wisata yang dimaksud. “Peran masyarakat ini sangat penting, karena itulah membangun mental masyarakat menjadi hal utama yang harus dilakukan,” Jelasnya.

Itu merupakan salah satu dari sekian banyak program, dan titik kesimpulannya Rickie menekankan bahwa perlunya menanamkan atau membangun mental masyarakat, terlepas dari apapun program yang akan digulirkan. “Makanya konsen saya dan teman-teman para caleg lebih mengedepan membangun mental masyarakat,” ujar Rickie.

Bicara tentang membangun mental masyarakat itu, kerap Rickie diskusikan dengan Caleg lain diantaranya Jaka Permana (Caleg DPRD Kota Cirebon Dapil 2), Jarum (Caleg DPRD Kota Cirebon Dapil 1).

BACA JUGA :  Dies Natalies UGJ Cirebon Hadirkan Ustads Kondang Wijayanto

Dan Markas Komando (Mako) yang berada di daerah Ciperna, Cirebon menjadi tempat diskusi untuk membicarakan Cirebon khususnya dan Indonesia pada umumnya.(dms)

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai