Peringatan HBI di Bandara Kertajati Majalengka, Terbesar di Jawa Barat

ARAHBARU Majalengka – Kanwil Kemenkumham Jawa Barat menggelar upacara peringatan Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-74 di Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka pada Jum’at (26/1/2024).

Pada tahun 2024 ini mengusung Tema : “Transformasi Peran Keimigrasian Melalui Strategi Digitalisasi” serta merupakan Perayaan HBI Terbesar yang pernah dilaksanakan Kanwil Kemenkumham Jabar karena di perhelatan ini melibatkan banyak personel, sekitar 495 orang yang terdiri dari Forkopimda Provinsi Jawa Barat, serta instansi terkait lainnya se-Jawa Barat.

Sebelumnya dalam menyambut HBI ke-74 di tingkat wilayah telah menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan yakni Paspor Simpatik, Bhakti Sosial, Donor Darah secara serentak oleh seluruh UPT Keimigrasian se-Jawa Barat, Upacara Tabur Bunga, Upacara Syukuran, Sosialisasi Pengentasan Stunting di seluruh Kantor Imigrasi di Wilayah Jawa Barat.

Hari Bhakti Imigrasi ke-74 yang diselenggarakan Kanwil Kemenkumham Jawa Barat di BIJB Kertajati, merupakan suatu bentuk dukungan sebagai Bandar Udara Internasional dan Domestik yang dimiliki oleh Jawa Barat khususnya jajaran Imigrasi. Selain itu, hal ini mendukung sepenuhnya tentang semua Perjalanan Dinas yang menggunakan jalur udara untuk menggunakan BIJB Kertajati.

Kepala Kantor Wilayah R. Andika Dwi Prasetya pada Upacara Peringatan HBI ke-74 menyampaikan, pihaknya sebagai pelaksana tugas dan fungsi keimigrasian di Jawa Barat mengucapkan terima kasih atas sinergi dan kolaborasi dari pemerintah provinsi Jawa Barat dalam melaksanakan pelayanan keimigrasian kepada masyarakat khususnya di Jawa Barat.

“Peringatan Hari Bakti Imigrasi ke 74 ini dilaksanakan di Bandara Internasional Kawasan Barat Kertajati sebagai bentuk dukungan nyata kami kepada BIJB Kertajati sebagai Bandara Domestik dan Internasional yang merupakan kebanggaan warga Jawa Barat,” ujar Andika.

Selama periode 2023 lalu, sambung Andika, pihaknya telah melayani pembuatan paspor sebanyak 468.350 yang disetujui di Jawa Barat ini melalui 9 Kantor Imigrasi yang ada.

BACA JUGA :  Belasan Ribu Penumpang KAI Arus Balik Terangkut, Malam ini Diprediksi Puncak Keberangkatan

“Dalam momentum Hari Bakti Imigrasi ke 74 ini, di Jawa Barat melaksanakan Layanan Paspor Simpatik (Pelayanan Paspor di Hari Sabtu dan Minggu) secara serentak pada 9 (Sembilan) Kantor Imigrasi se-Jawa Barat setiap hari Sabtu di bulan Januari 2024, yaitu pada tanggal 6, 13, dan 20 Januari 2024, dengan jumlah pemohon sebanyak 967 orang,” terangnya.

Selain peningkatan pelayanan keimigrasian, pada momentum HBI ini juga pihaknya melaksanakan Pengentasan Stunting secara serentak pada Kantor Imigrasi se-Jawa Barat pada tanggal 22 Januari 2024, dengan jumlah peserta sebanyak 361 orang.

“Pada bakti sosial kami juga melaksanakan Donor Darah secara serentak pada Kantor Imigrasi se-Jawa Barat pada tanggal 23 Januari 2024, dengan jumlah pendonor yang memenuhi syarat sebanyak 280 orang,” sebutnya.

Sementara itu, Pj. Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin yang sekaligus bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan HBI ke-74 di BIJB Kertajati menyampaikan apresiasi atas dedikasi dan kolaborasi dari insan Imigrasi Jawa Barat dalam menyelenggarakan pelayanan keimigrasian baik dalam hal Pelayanan Paspor, Pelayanan Izin Tinggal, maupun dalam tugas Penegakan Hukum Keimigrasian.

“Terimakasih dan apresiasi juga kami sampaikan kepada Insan Imigrasi Jawa Barat atas 468.350 Pelayanan Paspor yang disetujui pada periode 2023 lalu dan 967 Pelayanan Paspor Simpatik kepada masyarakat Jawa Barat di momen Hari Bakti Imigrasi ke 74 ini,” ucapnya.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Cirebon Nur Raisha Pujiastuti mengaku bangga dengan kesukseskan kegiatan upacara peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-74 di Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

“Hari ini kami semua insan Keimigrasian di kemenkumham Jawa Barat berkumpul di Kertajati Majalengka melakukan agenda puncak yakni Upacara Hari Bhakti Imigrasi ke 74 dan juga kami telah melakukan berbagai serangkaian kegiatan baik pelayanan keimigrasian untuk masyarakat dan juga sosial. Pada kegiatan ini juga dilaksanakan penganugerahan oleh Kakanwil kepada UPT Keimigrasian Jawa Barat dengan 14 kategori, dan alhamdulillah 2 diantaranya diperoleh Kanim Cirebon yaitu Pelayanan Embarkasi Haji terbaik dan Pelayanan Paspor Simpatik terbaik” tutur NR Pujiastuti.(dms)

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai