PMI Kabupaten Cirebon Menerima Sumbangan Ratusan Kantong Darah dari Cirebon Power

ARAHBARU Cirebon – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cirebon menerima sumbangan ratusan kantong dari perusahaan pembangkit listrik Cirebon Power.

Sumbangan ratusan kantung darah itu, merupakan hasil dua kegiatan donor darah, yang dilakukan dalam rangka Hari jadi ke 14 PT Cirebon Power Services dan peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional.

Peringatan hari jadi ke 14 PT Cirebon Power Services (CPS), digelar dengan mengadakan kegiatan baksi sosial, berupa donor darah yang diikuti oleh ratusan karyawan pada 13 Februari 2023. Sedangkan donor darah dalam peringatan Bulan K3 Nasional, dilaksanakan pada Selasa 20 Februari 2024.

Ratusan karyawan tersebut terlihat antusias untuk mengikuti kegiatan ini sejak pagi hari. Mereka terlihat antre untuk melakukan pemeriksaan awal dan juga proses pengambilan darah oleh petugas dari PMI Kabupaten Cirebon.

Jumadi, penyelenggara kegiatan HUT PT Cirebon Power Service mengatakan, aksi donor darah adalah salah satu wujud syukur atas hari jadi ke 14 PT Cirebon Power Services.

“Pada hari jadi ini, kami ingin menunjukkan baktikan kami untuk masyarakat, bukan hanya dengan memproduksi energi listrik, tapi juga mendonorkan darah,” ujar Jumadi.

Jumadi menuturkan, kegiatan menargetkan bisa menyumbangkan 200 lebih kantung darah, untuk Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cirebon.

Pihaknya memang sengaja memilih donor darah untuk dijadikan kegiatan hari jadi ini, dengan harapan, para karyawan yang ada di lingkungan PLTU 1 Cirebon Power, bisa ikut andil dalam membantu masyarakat yang membutuhkan, terutama untuk kebutuhan darah.

“Target ini hampir sejumlah karyawan dan pekerja di pembangkit, dengan asumsi mayoritas karyawan akan berpartisipasi,” kata Jumadi.

Antusiasme juga terjadi pada kegiatan donor darah dalam perayaan Bulan K3 Nasional di lingkungan PLTU 2 Cirebon Power. Dalam kegiatan ini, puluhan kantung darah kembali terkumpul, sebagai salah satu bukti aksi partisipasi karyawan Cirebon Power untuk mencukupi kebutuhan darah di Kabupaten Cirebon.

BACA JUGA :  Turut Serta Lepas Peserta Mudik Gratis Kemenhub, Direktur Keuangan Jasa Raharja Imbau Masyarakat Tertib Berkendara di Kampung Halaman

Yopi Hermaya, salah satu karyawan yang berdonor menuturkan, dirinya sudah cukup sering mengikuti kegiatan donor darah, baik itu yang diselenggarakan oleh Cirebon Power, atau dalam kegiatan lainnya.

Ia menyebut, sudah melakukan sebanyak 25 kali donor darah, yang mayoritas dilakukan dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak Cirebon Power. Menurut Yopi, kegiatan ini sangat positif, karena selain untuk kesehatan pribadi, juga bisa membantu masyarakat lain.

“Kegiatan ini sangat positif, semoga kami bisa lebih berkontribusi untuk masyarakat,” kata Yopi.

Hal serupa juga disampaikan Rudy Handono, Electrical Boiler Cirebon Power. Dirinya juga sudah 18 kali melakukan donor darah dalam berbagai kesempatan. Ia berharap, kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat di Kabupaten Cirebon.

“Kegiatan donor ini cukup rutin dilaksanakan oleh Cirebon Power. Semoga bisa membantu masyarakat yang membutuhkan,” tutur Rudy. (Dms)

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai