Optimalisasi Pendapatan Daerah, BPKPD Cirebon Hadirkan Fasilitas Layanan Publik yang Ramah Difabel

ARAHBARU, Cirebon – Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Cirebon mempertegas komitmennya dalam meningkatkan layanan publik melalui fasilitas baru yang ramah pengguna.

Langkah ini merupakan hasil kolaborasi dengan Bank Jabar Banten (BJB) yang telah diresmikan dan beroperasi sejak Senin lalu. Fasilitas ini dirancang untuk mendukung kenyamanan masyarakat, terutama wajib pajak (WP).

Fasilitas yang disediakan itu diantaranya Toilet Khusus Difabel , diperuntukan guna memberikan akses lebih mudah dan nyaman bagi penyandang disabilitas. Selanjutnya Ubin Pengarah untuk Tuna Netra , ini Memastikan aksesibilitas bagi tunanetra dengan jalur yang memudahkan mobilitas mereka di area gedung.

Selain itu BPKPD juga menyediakan Ruang Laktasi, ini merupakan Fasilitas khusus untuk ibu menyusui agar bisa memberikan ASI dengan privasi dan kenyamanan.

Disini juga disediakan Area Merokok, tempat yang terpisah agar lingkungan lain tetap nyaman dan bebas asap. Yang tak kalah pentingnya dalam memberikan kenyamanan BPKPD juga m nenyediakan toilet berdasar gender, tentunya ini bisa menjamin kenyamanan dan keamanan pengguna berdasarkan preferensi gender.

Dan fasilitas yang berbeda dengan kantor lain dan sesuai dengan fungsinya, yakni disini juga dibangun ruangan Konsultasi Pajak, diruang ini akan memberikan ruang privat bagi WP untuk konsultasi seputar kewajiban dan informasi perpajakan.

Sekretaris BPKPD Kota Cirebon, Eko Budiyanto, SE, MM, menyatakan bahwa pemenuhan fasilitas ini adalah bentuk tanggung jawab moral dan langkah strategis untuk meningkatkan penerimaan daerah melalui sektor pajak dan retribusi.

“Ini tanggung jawab kami kepada para wajib pajak, dan peningkatan fasilitas ini diharapkan dapat mengoptimalkan pendapatan daerah dari sektor pajak dan retribusi,” ujar Eko.

BACA JUGA :  Tingkatkan Stakeholder Engagement, Jasa Raharja Sulsel Laksanakan Koordinasi bersama Otoritas Bandar Udara V Makassar

Menurutnya, memanjakan masyarakat dalam hal ini para wajib pajak, tentu saja menjadi sebuah keharusan, take and give itu harus dilakukan. Karena menurutnya sumber penghasilan pemerintah daerah itu datang dari kesadaran masyarakat yang menjadi WP aktif

“Makanya wajar jika kemudian kita memberikan pelayanan terbaik dengan menyediakan berbagai fasilitas agar wajib pajak ini merasa aman dan nyaman ketika berada di kantor kami ini,” tegasnya.

Sementara itu, Vita Octaviani, Pemimpin KCP B BPKPD, menyambut baik kolaborasi ini. “Ini tanggung jawab bersama kami dengan BPKPD dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata Vita.(Dms)

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai