Gerakan Senyap Tim Raimas Macan Kumbang 852 Jelang Sahur, Gagalkan Tawuran dan Sita Bom Molotop

ARAHBARU Cirebon – Kenakalan remaja yang kerap melakukan tawuran setiap jelang sahur, tak urung membuat masyarakat resah. Kondisi ini di respon cepat Kapolresta Cirebon Kombes Sumarni S.I.K, S.H, M.H., dengan menerjunkan tim Raimas Macan Kumbang 852.

Tim ini tentu menelisik secara senyap situasi dj wilayah hukum Polresta Cirebon yang berpotensi terjadinya aksi kenakalan remaja (tawuran) hingga antisipasi tindak kejahatan lainnya.

Gerak cepat tim Raimas Macan Kumbang inipun membuahkan hasil, dengan menggagalkan rencana aksi tawuran sejumlah pemuda di Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon, Minggu (31/3/2024) dinihari.

Selain mengamankan tujuh pemuda, di lokasi kejadian petugas juga menyita senjata tajam (sajam). Tak hanya sajam, petugas bahkan menemukan bom molotop yang akan digunakan oleh pelaku tawuran.

“Selain tujuh pemuda pelaku tawuran, Kami juga mengamankan barang bukti berupa senjata tajam tiga bilah pedang, dua handphone, celurit, petasan, dua bom molotov dan pipa. Sehingga para pelaku berikut seluruh barang bukti langsung diamankan untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Mapolresta Cirebon,” kata Kapolresta Cirebon Kombes Pol Sumarni, S.I.K, S.H, M.H.

Dijelaskannya, patroli Raimas Macan Kumbang 852 Polresta Cirebon merupakan salah satu upaya jajarannya dalam mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan. Dari mulai tawuran hingga aksi tindak kriminalitas lainnya dalam rangka memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat Kabupaten Cirebon.

Patroli semacam itu merupakan langkah preventif yang dilaksanakan Polresta Cirebon rutin dari mulai siang, sore, dan malam menjelang pagi untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman, nyaman, dan kondusif. Diharapkan patroli tersebut dapat mencegah tindak kriminalitas di Kabupaten Cirebon.

Adapun sasaran dari Tim Raimas Macan Kumbang 852 Patroli adalah geng motor, premanisme, peredaran dan penyalahgunaan narkoba maupun miras, knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis, serta kejahatan jalanan lainnya yang meresahkan masyarakat. Dalam patroli tersebut, petugas juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan selalu mewaspadai setiap kejadian kriminalitas di sekitar masyarakat.

BACA JUGA :  Diduga Ada Praktek Monopoli, Biaya Study Tour SMA Rp 2,8 Juta Dinilai Tak Wajar

Menurutnya, patroli tersebut juga merupakan respon cepat terhadap aduan masyarakat di media sosial mengenai ancaman pelaku kejahatan di wilayah Kabupaten Cirebon. Sehingga pihaknya pun melibatkan personel gabungan dari Polsek jajaran dan dibackup Sat Samapta Polresta Cirebon.

“Kami pastikan Polresta Cirebon dan Polsek jajaran tidak akan segan-segan melakukan tindakan tegas dan tindakan keras kepada para pelaku kejahatan yang melakukan aksi kriminalitas di Kabupaten Cirebon. Sehingga situasi kamtibmas juga dapat terjaga secara aman, nyaman, dan kondusif,” tegasnya.

Pihaknya juga mengingatkan para orang tua untuk mengawasi pergaulan dan kegiatan anak-anaknya terutama pada malam hari sehingga mereka tidak terlibat perbuatan melanggar hukum. Selain itu, para orang tua juga harus menjaga anaknya dari pergaulan dan pengaruh lingkungan negatif yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas.

“Kami juga meminta peran aktif masyarakat Kabupaten Cirebon untuk segera melaporkan jika melihat terjadinya tindak kejahatan melalui Layanan Call Center 110 Polresta Cirebon, masyarakat juga dapat mengadukan keluhan terkait pelayanan publik pada layanan Curhat Langsung Bunda Kapolresta (CLBK) di nomor 08112274110,” pungkasnya. (Dms)

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai