Deklarasi Stop Bullyng Dengan Refleksi Diri

Foto : Kepala SMPN 1 Kedungwaru, Dr. Hj. Sri Wahyuni, M.Pd

Arah Baru, Tulungagung- SMPN 1 Kedungwaru menggelar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Bangunlah Jiwa Raganya yang dilaksanakan di aula sekolah, Jum’at (23/6).

Topik yang diangkat pada kegiatan P5 yang ketiga di SMPN 1 Kedungwaru ini adalah Stop Bullyng dengan Refleksi Diri. Sebelumnya pada kegiatan P5 yang pertama mengambil tema kewirausahaan batik ciprat, P5 yang kedua kearifan lokal reog kendang.

Kepala SMPN 1 Kedungwaru, Dr. Hj. Sri Wahyuni, M.Pd menjelaskan bahwa topik ini hadir supaya bullyng/perundungan tidak terjadi di sekolah. “SMPN 1 Kedungwaru membuat program supaya bullyng tidak terjadi disekolah, yaitu dengan membentuk agen No Bullyng,” jelas Sri Wahyuni. “Agen-agen ini kita ambil dari anak-anak yang mempunyai kapasitas mempengaruhi hal positif kepada teman-temannya,” paparnya.

Lebih lanjut Sri Wahyuni mengatakan kegiatan P5 ini merupakan bagian dari program kurikulum merdeka belajar. “Jadi dalam pembelajaran kurikulum merdeka yang 80 persen adalah akademiknya, sedangkan yang 20 persen P5,” terangnya. “Tujuan kegiatan ini adalah untuk mewujudkan pelajar Pancasila berperilaku nilai-nilai Pancasila,” lanjutnya.

Sri Wahyuni berharap dengan adanya kegiatan deklarasi stop bullyng ini tujuan P5 sesuai dimensi pelajar P5 dapat terwujud. “Sesuai yang saya sampaikan untuk mewujudkan dimensi P5 yaitu Beriman, bertakwa kepada tuhan yang maha esa, dan berakhlak mulia, Mandiri, Bergotong-royong, Berkebhinnekaan global, Bernalar kritis dan Kreatif,” urainya.
“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini kita propaganda, anak-anak, orang tua dan warga sekitar mendukung bahwa sekolah diusahakan jangan sampai ada bullyng. No Bullyng, tidak ada perundungan di SMPN 1 Kedungwaru,” pungkas Sri Wahyuni.

Tampak dari pantauan media ini kegiatan deklarasi stop bullyng di SMPN 1 Kedungwaru diisi dengan kegiatan pameran poster, kegiatan kolosal jinggel pancasila, penampilan yel-yel stop bullyng, musikalisasi, puisi, dance, serta drama stop bullyng. (Yd)

Spread the love
BACA JUGA :  Jasa Raharja Perwakilan Watampone Gelar Program Pemeriksaan Kesehatan Gratis (MUKL) di Samsat Bone

Mungkin Anda juga menyukai