Wisata Religi Masjid Kuno di Kota Cirebon Kembali Digelar, Ini Cara Daftarnya

Cirebon,- At-Taqwa Center bekerja sama dengan About Cirebon menggelar kembali open trip wisata religi masjid kuno di Kota Cirebon.

Acara open trip dengan menggunakan mobil Citros tersebut akan digelar pada Sabtu (02/12/2023) mulai pukul 07.30 – 12.00 WIB. Para peserta tour ini akan dikumpulkan terlebih dulu di Masjid Raya At-Taqwa Jalan Kartini Kota Cirebon.

Penanggung Jawab sekaligus tour leader pada kegiatan ini, H. Syaeful Badar, MA menjelaskan jika open trip ini akan mendatangi 6 masjid kuno yang berusia ratusan tahun. Bahkan salah satunya merupakan masjid tertua yang pertama kali dibangun di Cirebon.

“Banyak yang belum mengetahui ada banyak masjid kuno di Cirebon yang memiliki nilai sejarah, jadi tidak hanya keraton saja peninggalan sejarah Cirebon,” ujar Badar.

Badar menambahkan Masjid Raya At Taqwa, dalam mengembangkan dakwah, yakni dengan berwisata religi berbasis masjid, baik kawasan masjid modern maupun masjid masjid kuno abad 14.

Sebab selama ini terkesan jika wisata religi adalah berziarah ke makam makam kuno dan situs, padahal di Cirebon, para wali membangun tajug atau masjid, sebagai pusat religi dan pusat pengembangan dakwah, jadi untuk mengembalikan masjid sebagai pusat dakwah dan religi, maka sejak tahun 2019 diadakan Wisata Religi Jelajah Tajug Kuno abad 14.

Masjid atau tajug yang akan didatangi yakni Tajug Agung, Tajug Pejlagrahan, Tajug Abang Panjunan, Tajug Jagabayan, Tajug Nyi Mas Pakungwati dan Tajug Pangeran Kejaksan.

“Semua masjid ini memiliki cerita sejarah yang berbeda yang patut kita ketahui mengenai penyebaran agama Islam di Indonesia khususnya di wilayah Cirebon,” sambung Badar.

Sementara itu, open trip kali ini pun akan dilaksanakan dengan peserta terbatas hanya 25 orang. Cara pendaftaran peserta cukup mudah yakni melalui website Cirebon Tiket atau klik Ciket.id.

BACA JUGA :  Peserta KDI 2023 Andini Berbie Gelar Pawai Ma'Pa Tabe ke Tripika Kecamatan Tallo

“Untuk harganya Rp60 ribu, tapi ada harga khusus bagi yang membeli 2 tiket sekaligus,” ujar Agus Gineer, selaku Pengelola Cirebon Tiket yang juga Founder About Cirebon.

Adapun harga tersebut sudah mendapatkan snack, jasa tour guide dan naik mobil Citros.

“Tiket hampir full booking, jadi segera daftar kesempatan tour ini,” tutup Agus. (ard)

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai