Wali Kota Cirebon Mendatang Punya Banyak PR, Caruban Nagari Institut Beri Masukan ke Eti

Wali Kota Cirebon Mendatang Punya Banyak PR, Caruban Nagari Institut Beri Masukan ke Eti

CIREBON,- Tim The Leader Podcast dari Caruban Nagari Institut bersilaturahmi dengan Plt Wali Kota Cirebon, Hj. Eti Herawati, di ruang kerja Gedung Balaikota Cirebon, Senin (13/11/2023).

Dalam kesempatan itu banyak yang didiskusikan terkait Kota Cirebon ke depan. Salahsatunya, membentuk Aparatur Sipil Negara (ASN) berkualitas dan kompeten. Termasuk membahas tentang sosok ideal Wali Kota Cirebon ke depan.

Direktur Caruban Nagari Institut, H. Yoyon Indrayana, mantan pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cirebon, mengatakan, melihat kondisi saat ini, pemimpin Kota Cirebon memiliki banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan. Seperti, melakukan perbaikan atau reformasi birokrasi yang amburadul, dalam upaya mengembalikan birokrasi agar memiliki integritas dan etos kerja yang baik.

“Bagaimana pun, sistem birokrasi saat ini harus diperbaiki. Sehingga dapat terwujud integritas dan etos kerjanya,” kata Yoyon

Selain itu, lanjutnya, perlu adanya inovasi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Karena masih banyak potensi sumber PAD yang belum dimaksimalkan.

“Inovasi untuk meningkatkan PAD itu karena Kota Cirebon tidak memiliki sumber dana lain, untuk dapat membiayai pembangunan daerah,” ujarnya.

Mengatasi kondisi tersebut, menurutnya, selain mengandalkan PAD yang ada, sudah seharusnya pemimpin Kota Cirebon lebih intensif mencari anggaran ke pemerintah pusat untuk membiayai pembangunan, karena anggaran kota yang terbatas.

“Wali Kota harus aktif mencari jejaring untuk mencari anggaran dari pemerintah pusat melalui APBN. Sehingga, pembangunan tidak hanya tergantung dengan APBD yang terbatas,” tegasnya.

Tugas Wali Kota lainnya, ungkap Yoyon, harus meningkatkan pelayanan publik, agar lebih efektif dan efisien. “Perhatian terhadap pelayanan publik harus diutamakan agar dirasakan mudah dan nyaman oleh masyarakat,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Pasca Apel Pagi, Kapolres Gowa Pimpin Acara Penyerahan Hadiah Bola Voli Liga Ramadhan 

Ditambahkannya, Wali Kota harus mendorong semua perangkat daerah untuk lebih inovatif dan meningkatkan kinerja dalam melaksanakan tugasnya, agar kepercayaan masyarakat pada pemerintah lebih meningkat.

Sementara, Plt Wali Kota Cirebon, Hj. Eti Herawati, mengapresiasi segala masukan yang disampaikan Tim Caruban Nagari Institut, dan berterimakasih atas perhatiannya untuk Kota Cirebon.

Eti mengatakan, saat ini sangat dibutuhkan pemikiran, ide-ide, dan gagasan untuk mewujudkan Kota Cirebon lebih baik.

“Semoga Pemda Kota Cirebon ke depan, bisa bersinergi dengan Caruban Nagari Institute,” kata Eti.

“Mohon dukungannya, saya bisa memaksimalkan segala keterbatasan dalam waktu singkat satu bulan ini. Setidaknya, ada sesuatu yang bisa diwujudkan di akhir masa jabatan saya,” imbuhnya.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai