Tanggungjawab Terhadap Lingkungan, PT KAI Daop 3 Cirebon Tanam Ratusan Pohon

ARAHBARU Cirebon – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 3 Cirebon secara konsisten merealisasikan prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG) melalui program “KAI Go Green” sebagai bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan. Diantaranya yakni aksi penghijauan yang dilaksanakan secara serentak, Rabu (10/1/2024).

Aksi penghijauan ini sekaligus mendukung program pemerintah yaitu Gerakan Penanaman Satu Juta Pohon untuk Indonesia yang diperingati setiap tanggal 10 Januari.

Penanaman pohon merupakan salah satu program strategis perusahaan yang bertujuan untuk melindungi, merestorasi dan meningkatkan keberlanjutan ekosistem daratan. Di awal tahun 2024 ini, KAI Daop 3 Cirebon memulai dengan gerakan penanaman pohon, yang menunjukkan bahwa KAI tidak hanya melaksanakan proses bisnisnya melalui operasional kereta api, tetapi juga menaruh kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.

Vice President Daop 3 Cirebon, Dicky Eka Priandana, beserta Forkopimda Kota Cirebon serta jajaran Daop 3 Cirebon, melakukan penanaman pohon di Stasiun Cirebon. Jenis pohon yang ditanam antara lain Ketapang Kencana, Tabebuya, Palem botol, Glodogan, Trembesi, serta berbagai pohon buah, yang nantinya juga akan dialokasikan dan ditanam keseluruh wilayah kerja KAI Daop 3 Cirebon dan wilayah Kota Cirebon, dengan total sebanyak 365 batang pohon.

Gerakan Penanaman Satu Juta Pohon Untuk Indonesia ini terus disosialisasikan oleh seluruh insan KAI agar tidak berhenti sebagai satu simbol, tetapi sekaligus membangun kesadaran mengenai kepedulian lingkungan.

“Dengan semakin banyak stasiun yang hijau, maka pelanggan akan merasa nyaman saat akan menggunakan layanan kereta api. Lingkungan yang asri juga akan menyejukkan dan indah dari sudut estetika,” ujar Dicky Eka Priandana, Vice President KAI Daop 3 Cirebon.

Dikatakan, penanaman pohon akan memberikan banyak dampak positif seperti menjadikan udara lebih bersih, mengurangi dampak pemanasan global, dan dapat menyerap polusi udara.

BACA JUGA :  Peringati Hari Jadi Stasiun Cirebon ke-112, Daop 3 Cirebon Gelar Napak Tilas Jalur KA

“Upaya mendukung pelestarian lingkungan dengan aksi penanaman pohon ini semoga bisa terus dilaksanakan secara berkelanjutan. Tidak hanya KAI, tetapi oleh berbagai pihak yang menaruh perhatian besar terhadap lingkungan untuk berpartisipasi menjaga bumi,” tutup Dicky.(dms)

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai