TAHU LAMPING YANG MELEGENDA DI KUNINGAN

 

ARAH BARU – Kabupaten Kuningan di Jawa Barat memiliki sederet makanan khas dengan berbagai macam varian, mulai dari tape ketan Kuningan, opak bakar, hingga minuman jeruk nipis.kupat tahu,Namun jika melintas di Jalan Cirendang No.29,Cipari , Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan,anda akan melihat sentra pembuatan tahu lamping [ Tahu Lamping Mahkota ]

Jika dilihat, tahu lamping tidak jauh berbeda dengan tahu khas Sumedang.

Tahu Lamping juga di kenal Tahu Susu,tahu khas Kuningan ini memiliki tekstur garing yang lembut serta menggugah selera.

Ternyata tahu lamping menyimpan fakta fakta menarik tahu lamping yang melegenda di wilayah Kuningan ternyata Sejarah Berasal dari Tiongkok yang di bawa pasukan Laksamana Cheng Ho yang bernama [ Huang LamPing ] ternyata nama tahu Lamping berasal dari nama salah satu pasukan Cheng Ho sejak abad ke 14 Masehi.

ARAH BARU – Secara Ekslusif melihat langsung
Proses pembuatan tahu Lamping di temani [ Rudi ] karyawan Lamping Mahkota.

Tahu Lamping atau tahu susu ini ternyata proses pembuatan nya dimulai dari merebus kedelai terlebih dahulu sekitar 3 jam [Kedelai rebus] kemudian digiling sampai lembut,kemudian di saring ampasnya selanjutnya di rebus sampai mendidih sambil di aduk sampai merata setelah selesai rebusan diangkat
Kemudian, cairan ditiriskan dan dibiarkan menggumpal. Setelah gumpalan berwarna putih terbentuk, lalu dipotong persegi empat menggunakan pisau atau lempengan besi bersih. Lalu tahu digoreng deh dengan minyak mendidih.

Harga Tahu Lamping ukuran kecil dijual sekitar Rp.500/potong yang ukuran besar di jual Rp.2000/3 potong
untuk penjual langsung menurut [ Inesta ] karyawati langsung sama bos jadi dia tidak tahu harga pastinya.

Varian rasa
“Tahu Lamping, terasa ‘krispi’ di luar namun lembut di dalam. Jadi tahunya berisi ya, tidak kopong”,

BACA JUGA :  Ditemukan Seorang Kakek menggantung di Pohon Mangga Milik Tetangga di Brebes

ARAH BARU – saat mencoba rasa tahu Lamping

Kini, tahu Lamping menjadi salah satu kuliner khas Kuningan yang kerap diburu masyarakat dan wisatawan. Tahu Lamping banyak dijajakan sepanjang jalan Kuningan menuju Cirebon.

Tahu Lamping ialah camilan khas Kuningan yang tak kalah lezatnya dengan makanan modern harga murah meriah ini menguatkan perekonomian di kabupaten Kuningan.

Di laporkan langsung dari pabrik Tahu Lamping Mahkota [ Kontributor Arah Baru Cirebon ] Asam

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai