Jika Bepergian Ke Brebes, Jangan Lewatkan Kuliner Kupat Glabed Yang Lezat

ARAH BARU, BREBES – Menginjak akhir pekan, paling asik pergi menjajal wisata kuliner. Jika bepergian ke Kabupaten Brebes, jangan lupa untuk mencici Kupat Glabed dengan cita rasa yang lezat.

Disebut Kupat Glabed karena sajian yang terdiri dari ketupat dan kuah kuning kental glabed. Cocok dihidangkan dengan krupuk dan teh manis hangat.

Glabed adalah kata atau bahasa yang digunakan oleh orang Brebes dan Tegal untuk menggambarkan tekstur makanan yang kental ketika masuk ke dalam mulut.

Makanan yang satu ini tidak hanya banyak dijumpai di Brebes, tapi juga bisa dijumpai di daerah tetangganya, Kabupaten Tegal dan Kota Tegal.

Kuah berwarna kuning pada kuliner inipun tampak seperti kuah opor ayam pada umumnya. Namun, kupat glabed memiliki kuah yang lebih kental sehingga terasa gurih.

Satu piring kupat glabed terdiri dari kupat, potongan tempe kecil, sayur kuning, sambel merah, dan kerupuk mie kuning. Sebagai pelengkap, kupat glabed disantap bersama sate ayam, sate kerang, atau sate kikil.

Jika melewati daerah Brebes atau Tegal, makanan ini akan banyak dijumpai. Harganya bervariatif mulai dari Rp15 ribu jika tanpa sate.

Salahsatu tempat yang terkenal yakni Kupat Glabed Hj. Inah yang berlokasi di Alun-alun Brebes. Buka mulai pukul 15.00WIB sampai 23.00 WIB.

Spread the love
BACA JUGA :  VRITIMES dan RadarSatu.com Menjalin Kemitraan untuk Memperkuat Penyampaian Berita Digital di Indonesia

Mungkin Anda juga menyukai