Laporan Hasil Kegiatan DOFU UPT PKM Bungoro 

PANGKAJENE, – Kegiatan Drop Out Follow Up (DOFU) adalah bertujuan untuk mengejar imunisasi bayi dan Baduta yang tidak datang ke Posyandu, tentu dengan meningkatkan cakupan imunisasi pada bayi dan Anak usia di bawah dua tahun atau sekitar 0-23 bulan (Baduta).

Adapun Program DOFU yang diantaranya, P2 Imunisasi (Kolaborasi), Dokter, Perawat,Bidang Desa, PJ. Smile, Farmasi.

Kegiatan yang dilaksanakan secara door to door atau mendatangi rumah – rumah masyarakat secara langsung di Kelurahan Sapanang, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkajene, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu 27 Mei 2023.

Cara Pelaksanaan kegiatan:

1) Melihat riwayat imunisasi

2) Skrining status kesehatan bayi/baduta

3) Memberikan imunisasi pada bayi/baduta

4) Pencatatan dan pelaporan di aplikasi Smile dan ASIK

5) Mengedukasi orang tua, sasaran agar membawa anaknya ke posyandu untuk mendapatkan pelayanan imunisasi.

“Bismillahirrahmanirrahim, Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Tabe mohon ijin melaporkan hasil kegiatan kami hari Ini, yaitu mensosialisasikan kegiatan DOFU,” lapor UPT PKM Bungoro.

dr. Ilham selaku Kepala Puskesmas Bungoro, memimpin langsung kegiatan ini, berharap menjadi sebuah motivasi bagi pelaku kesehatan.

“Kegiatan ini tujuannya guna meningkatkan Kesehatan untuk Bayi dan Baduta yang tidak terpantau, adapun kendala orang tua yang mungkin malas atau tidak sempat membawa anaknya ke Posyandu. Kegiatan ini harus rutin dilakukan bukan hanya sebagai tugas dari Dinas kesehatan yang harus dipenuhi, akan tetapi sangat berpengaruh buat penerus bangsa, penerus masa depan negara kita, supaya kedepanya menjadi penerus yang berkualitas, menjadi bayi dan balita yang sehat, terhindar dari penyakit-penyakit yang berbahaya,” jelas dr. Ilham KTU PKM Bungoro.

Ia berharap kegiatan yang dilakukan ini bisa jadi motivasi untuk Dinas Kesehatan lainnya guna meningkat pelayanan yang lebih baik ke Masyarakat.

BACA JUGA :  Kouta Pendaftaran Penerimaan PPPK 2023 Pemprov Sulsel Signifikan 

(Abels Usmanji)

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai