Jelang Akhir Oktober Hujan Mulai Turun, Ini yang Penting untuk Dilakukan

ARAH BARU, CIREBON – Beberapa hari terakhir sejumlah daerah sudah mulai diguyur hujan. Meski tidak merata namun kiranya masyarakat harus segera mewaspadainya.

Di wilayah Cirebon, Jawa Barat dan sekitarnya yang meliputi Kota dan Kabupaten Cirebon, Indramayu, Kuningan serta Majalengka, cuaca panas sudah mulai berganti ke musim hujan.

Melansir data dari Badan Meteorologi, Krimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Selasa (24/10/2023), masyarakat harus lebih mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Kondisi itu bisa terjadi dalam skala lokal antara siang hingga malam hari diaejumlah daerah khususnya yang berada di wilayah Jawa Barat.

Daerah yang berpotensi hujan itu diantaranya, Kota Bogor, Kota Depok, Kab dan Kota Bekasi, Kab Karawang, Kab Subang, Kab dan Kota Sukabumi, Kab Cianjur, Kab Purwakata, Kab dan Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab Bandung Barat, Kab Sumedang, Kab Majalengka, Kab Kuningan, Kab Cirebon dan Kab Indramayu. 

Antisipasi akan datangnya hujan itu tentu saja harus menjadi perhatian masyarakat, meski saat ini memang terpantau berawan. Itu bukan berarti tidak hujan sebab kondisi cuaca bisa berubah-ubah.

Di kota Cirebon miaalnya, hujan sudah mulai turun meski hanya bersifat lokal. Intensitasnya pun tidak begitu besar, tapi sempat juga merepotkan masyarakat yang kebetulan melintas di jalan.

“Kilat disertai gemuruh geledek sudah ada, udara mulai dingin dan sempat hujan sebentar,” Kata Dadang, pemilik warung yang berada di depan Mako Polres Cirebon Kota..

Melihat kondisi tersebut, ada beberapa hal yang dipersiapkan sejak dini. Bagi pengendara sepeda motor sudah harus menyiapkan jas hujan agar tidak basah ketika melintas dijalan yang tiba-tiba turun hujan.

BACA JUGA :  Tim Tipidter Reskrim Polres Ciko Bongkar Sindikat Penyalahgunaan Gas LPG Bersubsidi

Selain itu, di lingkungan warga sudah harus juga membersihkan selokan atau gorong-gorong yang tersumbat, sehingga tidak mengakibatkan banjir ketika hujan dengan intensitas tinggi.(ms)

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai