Berwisata Pakai Kereta Api, Bentuk Quality Time Keluarga MengIsi Liburan Sekolah

ARAHBARU – Liburan sekolah adalah waktu yang sempurna untuk melakukan eksplorasi, mulai dari belajar hal baru, sampai menghabiskan waktu untuk berwisata bersama keluarga atau teman-teman. Liburan sekolah adalah waktu yang selalu dinanti-nantikan, setelah beberapa bulan belajar dan mengikuti berbagai kegiatan sekolah, di masa liburan kita berkesempatan untuk melepaskan penat, mengisi ulang energi, dan menghabiskan lebih banyak untuk momen yang spesial dan penuh keceriaan.

Quality time Bersama keluarga dengan berwisata menggunakan kereta api tentunya menjadi pilihan favorit dalam mengisi liburan sekolah. Sebab, hal ini memungkinkan untuk menikmati pemandangan yang indah selama perjalanan sambil berinteraksi satu sama lain tanpa harus khawatir mengenai kemacetan atau kelelahan karena mengemudi.

Tingginya animo masyarakat menggunakan kereta api pada masa libur sekolah diantisipasi oleh PT KAI Daop 3 Cirebon dengan menambah perjalanan KA Argo Cheribon Fakultatif pada tanggal 30 Juni, 7 Juli dan 14 Juli 2024.

“Untuk mengantisipasi meningkatnya penumpang pada masa libur panjang sekolah tahun ajaran 2024 ini, KAI Daop 3 Cirebon menambah perjalanan KA dan memaksimalkan transformasi rangkaian kereta api Argo Cheribon dan Ranggajati,” ujar Rokhmad Makin Zainul, Manager Humas KAI Daop 3 Cirebon.

Selama masa liburan sekolah, mulai 24 Juni hingga 14 Juli 2024, KAI Daop 3 Cirebon menyiapkan 92.780 tempat duduk. Adapun daftar KA-KA yang dijalankan untuk periode libur sekolah di wilayah Daop 3 Cirebon diantaranya :

1. KA 21 Argo Cheribon relasi Tegal-Cirebon-Gambir keberangkatan pukul 05.35 WIB
2. KA 23 Argo Cheribon relasi Cirebon-Gambir keberangkatan pukul 16.35 WIb
3. KA 25 Argo Cheribon relasi Cirebon-Gambir keberangkatan pukul 05.05
4. KA 27 Argo Cheribon relasi Tegal-Cirebon-Gambir keberangkatan pukul 13.30 WIB
5. KA 29F Argo Cheribon relasi Cirebon-Gambir keberangkatan pukul 20.00 WIB
6. KA 116 Ranggajati relasi Cirebon-Jember keberangkatan pukul 06.45
7. KA 192 Kaligung relasi Brebes-Semarang Poncol keberangkatan pukul 12.00 WIB
8. KA 194 Kaligung relasi Brebes-Semarang Poncol keberangkatan pukul 04.45 WIB
9. KA 196 Kaligung relasi Cirebon Prujakan-Semarang Poncol keberangkatan pukul 09.10 WIB

BACA JUGA :  Wakil Wali Kota Cirebon Sebut Mental Entrepreneur Harus Dibangun Sejak Usia Remaja

“Bila permintaan pelanggan meningkat, tambahan perjalanan KA akan dievaluasi secara rutin untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan. KAI berkomitmen untuk melayani masyarakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan terus mengutamakan keselamatan dan keamanan perjalanan KA,” tambah Rokhmad.

KAI juga memberikan tips agar suasana healing ketika menggunakan transportasi kereta api makin seru, diantaranya :

1. Manfaatkan Aplikasi KAI Access
Aplikasi Access by KAI memudahkan pengguna jasa dalam memesan tiket kereta api. Calon penumpang dapat mengunduhnya melalui Apple Store atau Google Play. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur unggulan, termasuk layanan tambahan seperti pemesanan makanan, taksi, bus, dan hotel. Dengan fitur e-boarding pass, penumpag bahkan tidak perlu mencetak tiket. Hanya cukup tunjukkan barcode kepada petugas atau gunakan fitur face recognition jika tersedia. Untuk anak-anak di bawah 3 tahun, meskipun tiket reguler tidak dibutuhkan, Anda perlu membuat tiket infant melalui aplikasi Access by KAI atau di loket pemesanan di stasiun.

2. Pesan Tiket Kereta Jauh-jauh Hari
Selanjutnya, penting untuk memesan tiket kereta jauh-jauh hari, terutama jika penumpang mengajak anak-anak. Saat ini, dapat memesan tiket hingga 45 hari sebelum keberangkatan. Selain mendapatkan harga lebih murah, memesan tiket dengan lebih awal juga memungkinkan penumpang untuk memilih tempat duduk yang nyaman.

3. Jangan Terlambat datang ke stasiun
Pastikan tidak terlambat datang ke stasiun pemberangkatan, dengan menyiapkan estimasi waktu yang cukup. Cek jadwal keberangkatan dengan seksama untuk menghindari kemacetan di jalan raya. Usahakan tiba minimal 30 menit sebelum jadwal keberangkatan. Hal itu dapat memberikan kesempatan anak-anak untuk menikmati suasana stasiun serta menikmati kuliner di sana.

4. Bawa Barang Secukupnya
Meskipun penumpang naik kereta sambil membawa anak, perhatikanlah barang bawaan yang dibawa. Pilihlah barang-barang yang penting dan tentunya kebutuhan anak selama perjalanan dengan KA. Hindarilah membawa barang berlebihan yang dapat menyulitkan penumpang saat naik dan turun kereta. Layanan jasa petugas porter menjadi solusi jika terpaksa menaruh banyak perlengkapan berlibur. Pastikan selalu mengawasi barang bawaan dan hindari agar tidak tertinggal di stasiun atau di dalam kereta.

BACA JUGA :  Mardani Maming Dituntut KPK Bayar Uang Pengganti Rp 118,7 Milyar

5. Keselamatan Anak Nomor Satu
Berikutnya, keselamatan anak merupakan hal utama yang tak boleh terabaikan. Sebagai orang tua, Anda berkewajiban untuk mengawasi aktivitas anak, terutama di stasiun dan dalam perjalanan dengan kereta api. Stasiun kereta seringkali ramai dan memiliki aktivitas operasional kereta yang perlu diwaspadai. Misalnya, memastikan tetap berada dibatas aman yang telah ditentukan ketika ada di Peron.

6. Manfaatkan Fasilitas Ramah Anak
Bagi orang tua yang memiliki anak-anak aktif dan gemar bermain, tidak perlu khawatir karena di stasiun telah disediakan fasilitas taman bermain anak seperti di ruang tunggu Stasiun Cirebon. Tak hanya itu, di stasiun juga tersedia ruang laktasi/menyusui yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti sofa, kulkas, dan wastafel. Dalam rangkaian kereta new generation stainless steel pun terdapat fasilitas meja lipat yang berada di toilet wanita. Meja lipat ini berfungsi sebagai tempat untuk mengganti popok bayi dengan lebih nyaman.

7. Nikmati Kuliner Khas Railfood
Kemudian, terakhir penumpang dapat memesan kuliner khas ala kereta api secara langsung dari tempat duduk melalui menu “Railfood” di aplikasi Access by KAI. Pilihan lain yaitu dapat mengunjungi kereta makan yang terletak di antara kereta penumpang. Kereta makan ini memiliki desain ruangan dan tempat duduk yang nyaman dan mewah, terutama pada rangkaian kereta stainless steel generasi baru.

“KAI senantiasa beradaptasi memenuhi keinginan para pelanggan. Dalam menyediakan transportasi kereta api khususnya di masa libur sekolah, KAI memastikan akan menghantarkan masyarakat dengan aman dan selamat, sehingga momen liburan bersama keluarga atau kawan dapat dinikmati pelanggan dengan nyaman dan menyenangkan,” Pungkasnya. (Dms)

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai