Banjir Rendam 4 Kecamatan di Brebes

ARAH BARU – Banjir merendam sedikitnya 4 kecamatan di Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Banjir juga merendamkan
ribuan rumah, lahan pertanian padi dan bawang merah juga terkena dampak.

Ada 9 desa di 4 kecamatan yang terkena banjir yang dicatat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Brebes, pada Kamis (02/03/23) ini.

Desa yang terkena banjir di kecaKecamatan Brebes adalah Lembarawa dan Kalimati. Kecamatan Larangan masing masing Desa Karangbale, Kecamatan Songgom di Desa Dukuhmaja dan Jatirokeh, Kecamatan Jatibarang meliputi Kemiriamba, Bojong Siandong, dan Rengas Bandung.

“Semuanya ada sembilan desa yang terkena banjir hari ini. Desa desa itu ada di empat Kecamatan, Brebes, Jatibarang, Songgom dan Larangan,” kata Rismanto, Sub Koordinator Kedaruratan BPBD Brebes, Kamis (02/03/23) siang.

BPBD Brebes masih terus melakukan pendataan di lokasi bencana. Rismanto meneruskan, belum diketahui secara pasti jumlah rumah yang terdampak.

“Belum bisa diketehui, tapi bervariasi. Di Lembarawa itu yang terdampak 26 rt. Petugas masih melakukan pendataan,” jelasnya.

Menurut Riswanto, banjir di sembilan desa itu karena hujan deras yang mengguyur sejak Rabu sore hingga malam. Beberapa saluran dan sungai di Brebes tak bisa menampung air hujan dan meluap masuk rumah warga dan menggenangi sawah.

Selain rumah lahan pertanian padi dan bawang juga terendam. Di Desa Lembarawa misalnya, ada puluhan hektar lahan padi dan bawang yang tenggelam. Tanaman tanaman ini bahkan tidak terlihat pucuknya karena kedalaman air.

Kades Lembarawa, Oktavianto mengatakan, lahan pertanian yang terdampak banjir akan mati dalam waktu dekat. Karena tanaman itu terendam secara keseluruhan.

“Sawah sawah disini musnah semua, padi sama bawang. Ada tanaman yang hari ini dijadwalkan akan panen, ada yang kurang satu minggu panen,” pungkas Kades Lembarawa.

BACA JUGA :  Revitalisasi Pasar Induk Brebes, Pemerintah Pusat Berencana Mencairkan Dana Sebesar Rp. 150 Miliar

(Evi)

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai