Aksi Damai akan Dilakukan PMI Sulsel Waktu Dekat ini 

SULSEL – arahBaru id –  Aksi Damai akan dilakukan PMI (Pengurus Pekerja Migran Indonesia)  dalam waktu dekat ini di Polda Sulawesi Selatan (Sulsel), mempertanyakan undang-undang Tindak Pidana Perdagangan Orang ( TPPO ) agar jelas peruntukan nya. Di empat Kabupaten, yaitu: Gowa, Bantaeng, Jeneponto, Bulukumba, akan bersatu melakukan aksi damai.

Mereka ingin tahu kejelasan seperti apa aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

“Kami ingin sejelas-jelasnya karena kami ingin kembali bekerja seperti biasanya kami juga butuh makan dan hidup buat anak-anak sekolah.

Kami mohon juga kepada Disnaker provinsi Sulawesi Selatan agar kiranya membuat komitmen untuk pengiriman pekerja migran Indonesia ke Sarawak, karena selama ini kami memberangkatkan calon Tenaga Kerja migran Indonesia dengan secara mandiri,” ujar pengurus PMI.

Lanjutnya, seharusnya Disnaker Provinsi Sulawesi Selatan memeriksa dengan seksama yang mengatasnamakan Perseorangan terbatas (PT),

Itupun belum tentu sesuai prosedural banyak juga yang bermasalah.

Dijelaskan lagi, bahwa perlu diketahui pekerja yang ingin berangkat ke Sarawak Malaysia itu secara mandiri. Karena mereka dipanggil keluarga yang sudah bekerja di ladang sawit,Sarawak ataukah kerabat Sekampung yang memanggilnya, Jadi mereka punya panggilan kerja ke perusahaan yang dia tujuh, dengan cara mengambil atau membeli paspor sendiri-sendiri tidak melalui perusahaan atau PT.

“Sekarang banyak sudah mempunyai paspor namun tidak berangkat, akibat banyaknya pengurus transportasi atau penjual jasa yang ditahan oleh pihak berwajib.

Dg kardi, sudah ada dua bulan menunggu untuk berangkat ke Sarawak namun sekarang belum berangkat,diakibatkan oleh karena pengurus transportasi atau jasa yang memberangkatkan masih takut dan ragu, untuk mengurus karena Polda Sulsel masih sering lakukan operasi penangkapan di setiap daerah kabupaten tersebut,” tuturnya.

Calon tenaga kerja migran Indonesia dan pengurus transportasi dan jasa akan melakukan aksi damai,” tujuan akan memperjelas tentang undang-undang tindak pidana penjualan orang ( TPPO ). Tujuan aksi damai Disnaker provinsi Polda Sulsel DPRD provinsi Kejaksaan tinggi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Dengan di dampingi berapa elemen berbagai kampus dan LSM, terkhusus adalah LSM SEGEL, dan berapa juga media online serta cetak. (*)

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai