9.000 toilet di 127 area peristirahatan mudik, disiapkan Pemerintah

ARAH BARU – Pemerintah menyiapkan sebanyak 9.000 toilet yang tersebar di 127 area peristirahatan jalan tol untuk pemudik, yang dikatakan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Basuki di kompleks Istana Kepresidenan mengatakan “Toilet-toilet yang tahun lalu sekitar 6.000 toilet di 127 rest area (area peristirahatan) jalan tol, itu sekarang sudah menjadi sekitar 9.000 toilet yang kita (pemerintah) siapkan. Jadi mudah-mudahan bisa memberikan kelancaran orang buang air kecil,” Jakarta, Rabu.

Disampaikan pula pihaknya juga membuat area peristirahatan sementara di sejumlah titik, seperti di Tol Cipali km 81 di lahan seluas 5 hektar.

Selain itu juga di Tol Tangerang-Merak km 97 yang menuju ke Pelabuhan Merak, untuk digunakan sebagai tempat parkir dan beristirahat menunggu waktu masuk ke dalam kapal di Pelabuhan Merak.

“Jadi bisa mengurangi antrean,” kata Basuki.

Selain itu Kementerian PUPR juga menyiapkan Tol Cisumdawu untuk difungsikan sebagai jalur mudik sepanjang 90 km dari wilayah Cileunyi sampai ke Dawuan.

Serta menyiapkan jalur langsung dari Solo-Yogyakarta dari pintu keluar Tol Semarang-Solo.

“(Jalur) Solo-Jogja dari exit Jalan Tol Semarang-Solo nanti kalau orang mau ke Jogja enggak perlu lagi ke Kartosuro, langsung bisa tembus sehingga bisa melewati (menghindari) mungkin 7 traffic light (lampu merah) nah itu sudah membantu, lebih mencairkan kemacetan,” kata Basuki.

(Evi)

Spread the love
BACA JUGA :  Air Asing Jadi Air Tawar dengan cara Menyuling Dilakukan Pemerintah Kota Makassar 

Mungkin Anda juga menyukai