Meski Stadion Rata dengan Tanah, Suporter PSM Tetap Antusias

MAKASSAR, – Kota yang dijuluki kota Daeng sebagai salah satu kota pencetak klub sepak bola tertua di Indonesia, Makassar dulunya pernah punya stadion sepak bola yang jadi kebanggan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Stadion di Sulawesi Selatan ini berdiri di atas lahan seluas tujuh hektar.

Stadion yang di Jalan Cendrawasih No.200-202, Kelurahan Mario, Kecamatan Mariso, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, adalah Stadion Andi Mattalatta.

Dilansir dari Kanal Youtube Stadion Indonesia pada, Senin 26Juni 2023, Stadion Andi Mattalatta berdiri di lahan yang jadi lahan peternakan dan perkebunan pada masa kolonial.

Hingga akhirnya, setelah Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), lahan tersebut diubah menjadi lahan stadion olahraga atas prakarsa Andi Mattalatta.

Stadion ini juga sempat menjadi kandang dari klub sepak bola PSM Makassar selama bertahun-tahun.

Dengan kapasitas mencapai 15.000 orang, stadion ini pernah menjadi pusat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-empat di tahun 1957.

Selama berdiri, stadion ini sudah direnovasi selama beberapa kali hingga akhirnya dibongkar di tahun 2020.

Meski begitu, stadion ini sempat masuk dalam jajaran stadion tercanggih di Sulawesi Selatan.

Dengan fasilitas yang memadai, stadion ini menjadi kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan pada masanya.

Meski kini, stadion ini telah rata dengan tanah. Stadion direncanakan akan dibangun dengan desain dan fasilitas bertaraf internasional.

Pembangunan tersebut direncanakan akan selesai di tahun 2022, namun hingga tahun 2023 ini, nasib Stadion Andi Mattalatta masih belum jelas kabarnya.

” Kami suporter PSM kalau mau ikut menyanyikan yel-yel nya PSM harus jauh dari kota Makassar, namun kami tetap semangat dan antusias mendukung PSM,” ujar salah satu suporter PSM.

(Abels Usmanji)

Spread the love
BACA JUGA :  Bidhumas Polda Sulsel Gelar Aksi Donor Darah pada HUT ke-72 Humas Polri

Mungkin Anda juga menyukai