Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tidak Hadiri Gala Dinner KTT G20? Ini Alasan Siti Nurbaya

ARAH BARU, JAKARTA- Siti Nurbaya Bakar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan buka suara terkait tak hadirnya dia pada Gala Dinner KTT G20 di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, Kabupaten Badung, Bali pada Rabu (16/11/22) lalu.

Siti berkata saat itu dia tengah berada di area Mangrove di hutan Taman Hutan Raya, Nusa Dua, Bali hingga malam hari untuk mempersiapkan kegiatan penanaman Mangrove oleh para kepala negara pada keesokan harinya.

Ketua DPP Partai NasDem Irma Suryani Chaniago mengatakan Siti tak hadir karena kelelahan. Menurutnya, Siti bekerja keras selama sembilan bulan terakhir untuk menyukseskan persiapan hutan bakau di Taman Hutan Raya Ngurah Rai.

“Kalau ini saya tidak hadir karena saya hingga malam masih di area mangrove untuk persiapan kerja keesokan harinya, pagi jam 6 saya sudah ke lapangan lagi,” ucap siti, Jumat (18/11/22).

“Hujan besar dan semua harus dikontrol,” tambahnya.

Keberadaannya di area Mangrove, kata dia, diketahui oleh sejumlah pihak yang turut berada di lokasi. Di sana ia menyiapkan tanah dan lubang untuk penanaman Mangrove hingga pukul 04.00 WIB.

“Kenapa harus dijaga? Karena itu areal pasang surut, air laut turun naik dan beresiko tanah untuk tanam bisa dibawa air atau daun-daun dari bibit yang ada bisa kotor dan harus di bersihkan,” ujarnya.

Menurutnya, dalam mempersiapkan kegiatan tersebut butuh kerja keras yang tidak asal-asalan. Pasalnya, Mangrove mendapat atensi khusus dari Presiden Joko Widodo.

“Mangrove itu dapat atensi Bapak Presiden Jokowi yang luar biasa. Jadi saya menjaga sampai dengan saat-saat terakhir. Tidak boleh ada kesalahan sedikitpun. Harus zero mistake,” kata dia.

Sebelumnya, dua menteri Kabinet Indonesia Maju tak hadir pada Gala Dinner KTT G20 di GWK, Kabupaten Badung, Bali pada Rabu (16/11). Mereka adalah Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Johnny G. Plate dan Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar.

BACA JUGA :  Nashrudin Azis Konsen Sosialisasi Caleg di Kabupaten Cirebon dan Indramayu

Keduanya terlihat hadir di acara lain dalam rangkaian KTT G20. Namun, Johnny dan Siti tak terlihat pada acara makan malam bersama para pemimpin G20.

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai