Kolaborasi ASDP dengan Darwinbox Menuju Arah Baru Keunggulan SDM di Sektor Maritim

Jakarta – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terkemuka yang bergerak di bidang transportasi penyeberangan, pariwisata, dan operasional pelabuhan, telah memulai perjalanan transformasi untuk meningkatkan manajemen sumber daya manusia melalui implementasi teknologi HR terbaru dari Darwinbox. Kerjasama strategis ini bertujuan untuk menyederhanakan operasional HR dengan meningkatkan efektivitas pelayanan sumber daya manusia, mendorong efisiensi, akurasi, dan peningkatan pengalaman karyawan yang lebih menyeluruh.

Dengan jumlah armada sebanyak 222 unit kapal feri dan tenaga kerja yang tersebar di darat dan laut, ASDP menyadari pentingnya kebutuhan akan solusi HR yang kuat untuk mengotomatisasi dan meningkatkan operasional mereka. Peralihan dengan menggunakan platform Darwinbox dapat mendorong ASDP dalam membangun satu sumber informasi yang benar, sesuai, dan tepat untuk data SDM, sehingga menghilangkan risiko kesalahan dan menjamin informasi yang hadir dan tersedia menjadi lebih konsisten dan dapat diandalkan.

“Kami berkomitmen untuk terus memberikan layanan yang profesional, berkualitas, dan selaras dengan cita-cita kami dalam penerapan teknologi berbasis nilai, kami menyadari mengenai pentingnya kesisteman dalam praktik-praktik SDM. Untuk itu, platform Darwinbox muncul sebagai pilihan yang ideal, yang mampu menjawab tantangan yang beragam ini serta mendukung visi kami dalam membantu meningkatkan kepuasan karyawan,” kata Wahyu Wibowo, Direktur SDM & Layanan Korporasi ASDP.

Aspek penting dari kemitraan ini adalah kemampuan adaptasi solusi dari aplikasi Darwinbox terhadap operasional ASDP. Mengingat area bisnis serta tantangan konektivitas yang terbatas di laut, melalui kemampuan offline Darwinbox muncul sebagai game-changer yang mampu memberikan manfaat. Salah satu manfaatnya adalah pada karyawan saat ini yang dapat menggunakan fitur offline platform untuk mengelola kehadiran, mengakses basis data karyawan, bahkan tanpa koneksi internet yang aktif.

BACA JUGA :  Jasa Raharja Jamin Seluruh Korban Luka Akibat Kecelakaan Beruntun di Gerbang Tol Halim

Erlisetya Wahyudi, Vice President HR Management ASDP, menambahkan bahwa progres baik dan berdampak ini adalah sebuah lompatan teknologi yang tinggi dan positif bagi perkembangan perusahaan. “Komitmen kami untuk menyediakan operasional HR yang efisien dan efektif melalui Darwinbox dengan aplikasi yang sederhana dan aman, menciptakan pengalaman pengguna yang mudah dan nyaman untuk karyawan kami.”

Sementara itu, Hendra Setiawan, Vice President Information Technology ASDP, menambahkan bahwa betapa pentingnya transformasi digital strategis ini dilakukan. “Kami telah memanfaatkan kekuatan fitur geofencing (penggunaan jaringan satelit GPS) dan face recognition (pengenalan wajah) Darwinbox untuk memperkuat pelacakan kehadiran karyawan kami di darat. Teknologi canggih ini memastikan sistem presensi yang aman dan akurat, yang berkontribusi pada kemajuan layanan operasional kami secara keseluruhan.”

Tahap awal implementasi platform Darwinbox di ASDP diselesaikan hanya dalam waktu 36 hari. ASDP dan Darwinbox telah bekerja untuk memperluas fungsionalitas platform di seluruh siklus kerja karyawan, termasuk dalam bagian Manajemen Kinerja/Performance, Payroll, Talent Acquisition, Expense Management, dan serta integrasi pihak ketiga melalui Darwinbox Studio.

Jayant Paleti, Co-founder Darwinbox, menekankan bahwa sinergi antara keduanya dapat mendukung perkembangan inovasi yang positif. “Komitmen ASDP untuk menghubungkan masyarakat sama dengan misi kami untuk menghubungkan karyawan dengan organisasi mereka melalui solusi SDM berbasis teknologi. Kami bangga dapat berdiri bersama ASDP dalam merevolusi praktik-praktik SDM mereka, dan kami tetap berdedikasi untuk mendukung pertumbuhan dan inovasi mereka.”

Terlebih lagi Sugianto Rahardja, Kepala Bagian Sales Indonesia di Darwinbox, menyampaikan bahwa, “Transisi ASDP ke Darwinbox dalam jangka waktu yang singkat menunjukkan kapabilitas dan efektivitas platform kami dalam memenuhi kebutuhan organisasi yang beragam. Kami sangat antusias untuk melihat peningkatan konektivitas dan efisiensi operasional yang akan diberikan oleh kemitraan ini kepada perusahaan.”

BACA JUGA :  Waduh BBM Naik Lagi? Mulai 1 Desember Harga BBM Naik, Ini Daftar Harga BBM

Darwinbox secara global merupakan platform human capital management (HCM) dengan peringkat #1 (di Gartner Peer Insights) dan didukung oleh perusahaan-perusahaan seperti Microsoft, Salesforce, dan Sequoia. Solusi era baru ini melayani 850+ perusahaan, 2,5 juta+ karyawan di 116+ negara, dan telah menjadi yang tercepat dan satu-satunya pemain HCM Asia yang masuk ke dalam Gartner Magic Quadrant pada tahun 2021 dan 2022. Kemitraan teknologi perusahaan dengan Microsoft membantu mempercepat pengembangan inovasi-inovasi mutakhir, termasuk AI di bidang SDM.

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai