Imbas Banjir Semarang, Perjalanan KA Wilayah Daop 3 Cirebon Terganggu

ARAHBARU Cirebon – Banjir yang menimpah sejumlah wilayah Semarang berimbas terganggunya sejumlah perjalanan kereta api yang melintasi wilayah Daerah Operasi 3 Cirebon. Pasalnya sejumlah titik, banjir menggenangi jalur KA, Kamis (14/3/2024).

Jalur KA yang tergenang di wilayah Daop 4 Semarang. Berada di 3 titik yakni Petak Jalan Semarang Tawang Bank Jateng – Alastua, Petak Jalan Semarang Tawang Bank Jateng – Semarang Poncol, dan Petak Jalan Mangkang – Kaliwungu.

“Kejadian ini terjadi pada Kamis pagi (14/3) pukul 00.30 WIB karena curah hujan yang tinggi sehingga di wilayah tersebut untuk sementara tidak dapat dilintasi yang berdampak pada perubahan pola operasi beberapa KA di lintas utara Jawa,” ujar Rokhmad Makin Zainul, Manager Humas Daop 3 Cirebon.

KAI mengucapkan permohonan maaf atas terganggunya perjalanan kereta api dampak dari cuaca buruk dan menyebabkan jalur KA di wilayah Semarang sementara tidak dapat dilalui. KAI segera melakukan upaya perbaikan jalur rel di lokasi tersebut dengan mengerahkan petugas prasarana dan menyiapkan material di lokasi yang terendam banjir tersebut. Saat ini petugas KAI Daop 4 Semarang terus melakukan normalisasi jalur tersebut, dan perjalanan kereta dialihkan memutar.

KAI juga memberikan Service recovery (SR) berupa minuman , makanan ringan dan makanan berat kepada para pelanggan KA yang mengalami kelambatan akibat banjir tersebut. Adapun update info selanjutnya akan kami kabarkan lebih lanjut.

Atas kondisi tersebut maka untuk keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api, KAI melakukan sejumlah langkah berupa perubahan pola operasi perjalanan. Selain itu juga dilakukan rekayasa pola operasi jalan memutar untuk 14 KA yang melintas di jalur Utara ke jalur Selatan diantaranya :
1. KA Pandalungan sebanyak 2 KA
2. KA Argo Bromo anggrek sebanyak 2 KA
3. KA Majapahit sebanyak 2 KA
4. KA Brawijaya
5. KA Sembrani sebanyak 2 KA
6. KA Kertajaya
7. KA Harina
8. KA Darmawangsa
9. KA Gumarang
10. KA Jayabaya

BACA JUGA :  Penumpang Cilik Hafal 5 Surat Al Quran, Dapat Souvenir Menarik dari Humas KAI Daop Cirebon

KAI tetap berkomitmen untuk menjaga keselamatan perjalanan kereta api. Masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan dan pelayanan KA dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media social @KAI121.(dms/rls)

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai