Gerakan Pramuka Unit JPG IAIN Syekh Nurjati Cirebon Gelar Workshop Hindari Berita Hoaks

Cirebon, – Gerakan Pramuka Unit Jurnalis Photo Grafis (JPG) IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar workshop sekaligus Penerimaan Anggota Pers Pramuka IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Selasa (08/08/2023),

Kegiatan workshop ini berlangsung di Kawasan Taman Bima Komplek Stadion Bima Kecamatan Kesambi Kota Cirebon ini diikuti belasan mahasiswa dan undangan.

Acara yang bekerjasama dengan media ArahBaru.id yang merupakan wadah bagi pada anggota unit Jurnalis Photo Grafis (JPG) dalam membuat artikel ini, mengundang Eko Ardi Nugraha yang merupakan Pemimpin Redaksi sekaligus Co-Founder About Cirebon sebagai pengisi acara untuk membawakan materi jurnalistik.

“Harapan saya setelah acara ini dilaksanakan semoga Unit Jurnalis Photo Grafis (JPG) bisa lebih aktif lagi sebagai Unit yang baru di Gerakan Pramuka IAIN Syekh Nurjati Cirebon,” ujar Ayu Maratun sebagai Dewan Pers dan Ketua Unit Jurnalis Photo Grafis IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Pihaknya juga berharap kerjasama dengan media ArahBaru.id dapat memberikan semangat baru dan ilmu bagi anggotanya.

“Diharapkan dapat membangkitkan semangat dan bisa memberikan ilmu yang bermanfaat pula bagi Mahasiswa/Mahasiswi Unit JPG.” ujarnya.

sementara itu, dalam pemaparannya, Eko Ardi menjelaskan mengenai dasar-dasar jurnalistik, perkembangannya, serta pengalaman yang didapatkan selama menggeluti dunia jurnalistik.

Eko pun berharap agar seluruh peserta dapat menjadi insan-insan jurnalis yang dapat memberitakan informasi dengan memanfaatkan berbagai media teknologi yang ada saat ini.

“Menjadi jurnalis sekarang ini sangat dibantu oleh kemajuan teknologi, salah satunya manfaatkan media sosial sebagai penyebar informasi sekaligus mencari informasi yag dibutuhkan masyarakat,” ujar Eko dalam paparnya.

Mantan Produser Salah satu stasiun televisi berita nasional ini juga mengharapkan jika mahasiswa untuk menghindari berita bohong atau hoaks yang banyak tersebar di media sosial.

BACA JUGA :  Polisi Menangkap Aktris Amar Zoni Terkait Kasus Narkoba

“Ciri-ciri berita hoaks itu mudah, biasanya berita yang minta untuk disebarkan atau dari media yang namanya aneh-anehnya,” ucapnya.

Kegiatan ini ditutup dengan pemberian arahan dan praktek penulisan artikel berita bagi para peserta pelatihan Unit JPG IAIN Syekh Nurjadi agar dapat terjun langsung ke dunia Jurnalis.

(San)

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai