Hari Jadi Cirebon, Perumda Farmasi Ciremai Gelar Operasi Katarak Gratis

Cirebon,- Dalam rangka rangkaian Hari Jadi ke-654 Cirebon, Perumda Farmasi Ciremai menggelar bakti sosial operasi katarak gratis, Kamis (27/7/2023). Kegiatan yang dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon itu berlangsung di Klinik MataQu Perumda Farmasi Ciremai, Jalan Siliwangi No. 171 Kota Cirebon.

Kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis itu diikuti sebanyak 85 orang. Bukan hanya warga Kota Cirebon, tetapi ada yang berasal dari luar Kota Cirebon seperti Kabupaten Majalengka.

“Kegiatan ini adalah bagian dari rangkaian Hari Jadi ke-654 Cirebon. Bakti sosial ini digagas oleh Perumda Farmasi Ciremai,” ujar Agus.

Pihaknya bersyukur, kegiatan operasi katarak ini disambut baik oleh oleh masyarakat dan yang mengikuti operasi katarak ini cukup tinggi. Terbukti, dari target 60 orang, Perumda Farmasi Ciremai membuka sampai 82 orang.

“Total ada 82 orang yang mengikuti operasi katarak ini. Sebelumnya target dari operasi katarak ini hanya 60 orang. Bahkan ada juga yang dari Majalengka,” kata Agus.

Pada kesempatan itu, Agus mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dan mendukung kegiatan bakti sosial ini. Agus juga meminta agar penanganan pasca operasi juga harus dimonitor.

“Besok mereka diminta datang lagi untuk check Up pertama,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini, Agus berharap bisa menjadi salah satu langka untuk menurunkan angka kebutaan, serta dapat meningkatkan derajat kesehatan dan produktifitas masyarakat di Kota Cirebon.

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Farmasi Ciremai, Emrizal Hamdani menjelaskan dalam kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis ini mayoritas berumur di atas 50 tahun. Selain itu, tidak hanya dari warga Kota Cirebon, tetapi ada yang berasal dari luar Kota Cirebon.

BACA JUGA :  Koramil 1615-07/Sakra Bedah Rumah RTLH di Pengkelak Mas

“Operasi katarak ini tidak hanya warga Kota Cirebon saja, ada yang dari Kabupaten Cirebo dan Kabupaten Majalengka,” ujar.

Operasi katarak, kata Emirzal, bukanlah operasi yang menakutkan. Operasi katarak merupakan operasi ringan yang prosesnya hanya 10 sampai 15 menit. Setelah melakukan operasi, tambah Emirzal, mereka akan melakukan check up pertama esok hari.

“Mereka, pascaoperasi ini besok sudah diminta untuk datang lagi ke sini untuk kontrol pertama,” tandasnya. (HSY)

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai