Buntut Pungli di Masjid Al-Jabar Bandung, Saber Pungli Kota Cirebon Razia Calo dan Jukir “Abal-abal”

ARAHBARU – Aksi pungutan liar (Pungli) di area parkir Masjid Al-Jabar, Bandung dan viral di media sosial (Medsos) beberapa waktu lalu menimbulkan keprihatinan dan menjadi sorotan masyarakat.

Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin pun geram, bahkan dia mengingatkan agar kejadian pungli di sana merupakan kejadian terakhir dan tidak terulang ditempat publik mana pun di Jawa Barat.

“Tak ada tempat untuk pungli di Jabar,” kata Pj Gubernur Jabar saat itu.

Buntut dari kejadian itu, dibeberapa daerah dilakukan penyisiran dan pemberantasan terhadap aksi pungli ini, termasuk dalam hal ini di Kota Cirebon.

Satuan Tugas (Satgas) Saber Pungli Unit Pelaksana Penindakan (UPP) Kota Cirebon pada Senin (22/4/2024) menggelar razia calo dan juru parkir liar atau “abal-abal”.

Kegiatan itu dilakukan berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2016 Tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.

Ketua Pelaksana Satgas UPP Saber Pungli Kota Cirebon Kompol Rizky Adi Saputro, menyampaikan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut hasil rapat Saber Pungli Provinsi Jawa Barat tentang pemberantasan pungli di jalanan di seluruh wilayah Jawa Barat termasuk Kota Cirebon.

“Dengan adanya pungli ini bisa menghambat pendapatan di Kota Cirebon,” ujarnya.

Adapun razia tersebut menyasar pada Terminal Harjamukti dan Minimarket yang ada di Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo.

“Dari hasil razia tersebut kami amankan 2 (dua) orang yakni T (23) calo elf di Terminal Harjamukti dan S (38) juru parkir liar di Indomaret Jl. Wahidin,” ungkapnya.

Selain mengamankan terduga pelaku, lanjut dia, pihaknya juga mengamankan barang bukti berupa uang tunai sebanyak Rp.116.000 dari kedua orang tersebut.

Kompol Rizky Adi Saputro menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan pungutan liar.

BACA JUGA :  Bejat, Seorang Guru Honorer SD di Cirebon Cabuli Muridnya di Kamar Kos-an

“Mari kita ciptakan Kota Cirebon bebas dari Pungutan liar,” pungkasnya.(dms)

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai