Pemkot Semarang Menormalisasikan Sungai di Semarang Indah, Upaya Antisipasi Banjir

arahBaru.id, Semarang – Kini Pemkot Semarang sedang melakukan kegiatan di berbagai titik kota Semarang  guna mengupayakan pencegahan terjadinya banjir.

Sungai Banjir Kanal Bara, yang bertempatan di Wilayah Semarang Indah adalah salah satu tempat yang sudah dinilai sangat tinggi maka perlu adanya tindakan pengerukan sedimentasi di wilayah tersebut.

Sebagai Kepala UPTD Pompa Banjir Wilayah Barat Pemkot Semarang, Choirul Iman mengatakan, Bahwasannya normalisasi di kali Semarang Indah ini merupakan kegiatan rutin pada tiap tahun.

“Dikarnakan keterbatasan alat maka normalisasi di wilayah Semarang Indar diundur. Dan dilakukan kembali pada bulan Juli dan pengerukan dilakukan secara maksimal Karena wilayah sungai tersebut yang semakin tinggi,” ujarnya, Kamis, 20 Juli 2023.

Sementara itu, pengerukan rutin yang dilakukan itu merupakan bentuk antisipasi dampak banjir saat musim hujan. Mengingat, wilayah tersebut merupakan lokasi tarikan pompa di Tawang Mas, di sistem Banjir Kanal Barat.

“Pembersihan kita mulai pekan ini. Dalam sepekan sudah ada sedimen hasil pengeruhan sebanyak 50 dump truk. Program ini dilanjut, target sampai tiga pekan ke depan. Ada sekitar 500 meter sepanjang sungai yang akan kami keruk. Tepatnya dari jembatan di Semarang Indah menuju hilir sungai,” ujarnya.

Namun untuk kawasan hilir sungai, normalisasi belum bisa maksimal karena talut di sisi sungai sudah ada yang miring.

“Jadi pengerukan gak bisa dalam, dan harus hari-hari. Kendala lain adalah banyaknya enceng gondok, serta keterbatasan alat. Alat berat yang kami gunakan untuk pengerukan, harus gantian dengan pekerjaan lain. Jika ada keperluan khusus dan mendesak, pengerukan kami stop dulu karena alat dibawa ke sana,” ujarnya (//Tuty)

Spread the love
BACA JUGA :  Hari Ke-9 Masa Kampanye, Bawaslu Kota Cirebon Terima Dua Aduan Dugaan Pelanggaran

Mungkin Anda juga menyukai