Pemdes Nglurup Terima MMD 1000 Desa Universitas Brawijaya Kembangkan Desa Wisata

Arah Baru, Tulungagung- Pemerintah Desa Nglurup kecamatan Sendang kabupaten Tulungagung bersama Mahasiswa Membangun Desa (MMD) 1000 desa Universitas Brawijaya kembangkan desa wisata. Acara ini berlangsung di balai desa setempat, Selasa (10/7).

Program MMD sebenarnya mirip dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) hanya saja konsepnya berbeda. MMD merupakan program yang didesign untuk meningkatkan keterlibatan perguruan tinggi melalui mahasiswa yang berperan aktif dalam kegiatan penguatan kapasitas sosial, ekonomi, dan lingkungan masyarakat.

Kegiatan MMD 1000 Desa dapat berupa penyuluhan, pelatihan, pemberdayaan masyarakat, dan kegiatan lain yang bermanfaat bagi pembangunan desa.

Kepala desa Nglurup, Suji mengatakan khususnya pemerintah desa Nglurup membutuhkan mahasiswa yang bisa memberikan perubahan desa. “Pemdes mencari mahasiswa yang seperti ini, untuk masa depan desa dan mensuport desa yang ada wisatanya,” ungkap Suji. “Karena di desa Nglurup ada 4 titik wisata, yang pertama Buper Jurang Senggani, kedua Kedung Minten, ketiga Embung Pandan Wangi, ke empat adalah Dekapin,” jelasnya.

Pihaknya berharap program MMD ini bisa mendukung kemajuan dan kestabilan wisata yang ada di desa Nglurup. “Dengan berjalannya wisata di empat titik tersebut maka perekonomian masyarakat akan terbantu dengan adanya ekonomi kreatif meskipun skala kecil, dan menghidupkan UMKM,” pungkas Suji.

Hadir dalam kegiatan tersebut kepala desa Nglurup beserta perangkat, Dinas Pariwisata Kabupaten Tulungagung, serta mahasiswa dari Universitas Brawijaya sebanyak 30 orang. (Ag/Yd)

Spread the love
BACA JUGA :  Mekanisme Pendistribusian Logistik oleh KPU Palopo Saling Bersinergi dengan Polri-TNI

Mungkin Anda juga menyukai