Coach Priska Sahanaya Memaparkan Tips Public Speaking Efektif di SMK 1 Barunawati

Foto kebersamaan Coach Priska Sahanaya dan guru-guru beserta siswa-siswi SMK 1 Barunawati. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Public Speaking Efektif Pasti Inspiratif

Pada 27 Oktober 2023, Coach Priska Sahanaya memandu acara workshop public speaking di SMK 1 Barunawati. Acara workshop ini merupakan salah satu inisiasi Coach Priska Sahanaya untuk dapat terjun langsung dalam membagikan ilmu-ilmu terkait public speaking kepada anak usia sekolah untuk membantu meningkatkan kemahiran anak dalam berkomunikasi. Pada workshop yang bertajuk “Mastering Public Speaking,” Coach Priska Sahanaya menjelaskan hal-hal detail yang sangat penting untuk dipersiapkan oleh seorang pembicara agar dapat tampil secara natural ketika melakukan public speaking, diantaranya adalah persiapan yang baik, kenali audiens, menjadi autentik, dan ekspresif.

Kunci Public Speaking Efektif

Menurut Coach Priska Sahanaya, public speaking merupakan kemampuan komunikasi yang berkelanjutan yang mana seorang pembicara perlu rutin untuk melatih, memperhatikan dan menampilkan kemampuannya pada publik. Dalam ruang publik, seorang pembicara perlu secara aktif mempelajari bagaimana audiens bereaksi, hal-hal apa saja yang membuat audiens tertarik, dan teknik-teknik apa saja yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan yang dapat memberikan kesan positif pada audiens. Sehingga, persiapan yang baik menjadi kunci dalam memaksimalkan penampilan public speaking. Dengan persiapan dan penguasaan materi yang baik serta latihan membawakan topik dengan gestur tubuh, artikulasi, dan intonasi yang tepat dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada pembicara untuk menampilkan public speaking yang informatif dan inspiratif.

Salah satu siswa SMK 1 Barunawati yang mencoba mempraktikkan public speaking di depan kelas. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Selanjutnya, topik yang disampaikan kepada audiens perlu spesial, dalam arti topik yang disampaikan dapat memberikan kesan positif yang akan diingat dengan mudah oleh audiens. Salah satu caranya adalah dengan pembicara yang menampilkan ciri khasnya kepada audiens. Ciri khas ini dapat berupa pembicara yang membagikan pengalaman personal atau pengalaman uniknya yang berkaitan dengan topik pembicaraan. Hal ini dilakukan agar audiens dapat lebih tertarik dengan topik yang dibawakan dan audiens dapat lebih terhubung dengan pembicara melalui pengalaman yang dirasa universal. Contohnya, Coach Priska Sahanaya membagikan pengalamannya dalam menghadapi tantangan dan rintangan ketika berbicara di depan umum. Melalui cerita tersebut, siswa-siswi diajak untuk memahami bahwa kemampuan public speaking bukanlah bakat yang hanya dimiliki oleh segelintir orang, tetapi merupakan kemampuan yang dapat dipelajari dan diasah oleh siapa pun.

BACA JUGA :  Ikuti Sesi Berbagai Cerita Menangkan Hadiah Ekslusif dari LindungiHutan!

Mempraktikkan Langsung Teori Public Speaking Bersama Coach Priska Sahanaya

Coach Priska Sahanaya bersama siswa yang memenangkan medali dalam kegiatan workshop. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Dalam workshop tersebut, Coach Priska Sahanaya juga memberikan kesempatan bagi siswa-siswi SMK 1 Barunawati untuk mencoba mempraktikkan public speaking di depan kelas dan juga membuka sesi tanya jawab mengenai materi public speaking yang disampaikannya. Setiap kali terdapat siswa-siswi yang berani untuk maju ke depan kelas dan mengikuti sesi tanya jawab akan mendapatkan poin dari Coach Priska Sahanaya yang nantinya siswa-siswi dengan poin tertinggi akan mendapatkan hadiah berupa medali dari Coach Priska Sahanaya. Para siswa-siswi pun antusias untuk menguji keterampilan mereka dan saling memberikan dukungan antar satu sama lain selama sesi berlangsung.

Testimoni Siswa

Siswa-siswi SMK 1 Barunawati yang sedang menyimak pemaparan Priska. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Albaya, salah satu siswa SMK 1 Barunawati menyampaikan betapa bermanfaatnya acara workshop public speaking ini baginya, “Public speaking itu skill yang harus dimiliki oleh semua orang, selain di dunia kerja, juga penting di dunia perkuliahan. Acara workshop bersama Coach Priska Sahanaya sangat menyenangkan karena yang pertama mengajak audiens untuk bermain games, meningkatkan semangat audiens dan juga membuat kita merasakan praktik public speaking di depan umum,” ujar Albaya.

Selain itu, Emilia, salah satu siswi SMK 1 Barunawati juga menyampaikan kesan yang dirasakannya setelah mengikuti acara, “Public speaking itu sangat penting karena kita adalah makhluk sosial yang tak jauh dari berinteraksi dan public speaking juga sangat berpengaruh buat masa depan karena di pekerjaan nanti kita bisa menggunakan public speaking bahkan berinteraksi sama masyarakat. Sesi yang paling menyenangkan menurut saya itu ketika sesi tanya jawab karena Coach Priska Sahanaya juga sangat seru dan membuat audiens menjadi rileks dan berani untuk maju. Yang kedua, teman-teman saya juga menjadi sangat terhibur dan makin banyak kesempatan untuk menyampaikan apa yang diamati dan berani untuk melakukan public speaking di depan umum. Yang ketiga, sangat seru karena bisa menambah pengalaman saya apalagi tadi ada sesi dimana Coach Priska Sahanaya memberi hadiah pada audiens yang aktif,” jelas Emilia dengan antusias.

BACA JUGA :  Coach Priska Sahanaya Mengadakan Workshop Public Speaking Gratis Bersama PRONAS, SINOTIF dan UOB di SMP Katolik Sang Timur

Testimoni Guru

Guru-guru SMK 1 Barunawati turut bangga ketika melihat siswa-siswinya sangat aktif selama sesi workshop berlangsung. Kehadiran Coach Priska Sahanaya yang inspiratif mampu mendorong ketertarikan para siswa-siswi untuk belajar lebih tekun lagi mengenai public speaking karena tips dan trik yang praktis serta penyampaian materinya yang mudah dipahami. Salah satunya menurut Bapak Nur Salim salah satu pengajar di SMK Barunawati, “Adanya training class ini dapat memotivasi siswa dan siswi untuk bisa lebih baik lagi dalam berkomunikasi. Pemateri yang luar biasa membuat workshop ini semakin menarik. Poin yang paling favorit menurut saya pribadi tadi ada power whoosh, lalu juga ada walking practice yang keren banget,” ucap Pak Nur Salim.

Selanjutnya, Bapak Firman Adi Putra selaku salah satu pengajar di SMK 1 Barunawati juga menyatakan “Public speaking ini sangat penting untuk bekal siswa dan siswi untuk kedepannya. Oleh karena itu, Kak Priska Sahanaya perlu diundang di sekolah-sekolah lain karena Kak Priska Sahanaya itu seru, hebat, dan menyenangkan,” kata Pak Firman.

Harapan dan Pesan Coach Priska Sahanaya

Dengan diselenggarakannya workshop public speaking di SMK 1 Barunawati, Coach Priska Sahanaya berharap ilmu yang disampaikannya dapat memotivasi para siswa-siswi untuk terus meningkatkan kemampuan public speaking-nya dan dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri siswa-siswi agar ke depannya mampu bersaing dengan memiliki kompetensi yang unggul di era yang semakin kompetitif ini.

Coach Priska Sahanaya telah menyelenggarakan workshop public speaking yang diikuti oleh ratusan ribu peserta, kini Praktisi Public Speaking ini melanjutkan workshop public speaking di 1000 sekolah di Jakarta dari jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, dan SMK.

Pendaftaran

Mau sekolah Anda mendapatkan public speaking dari coach priska sahanaya? Yuk daftarkan sekarang juga melalui nomor di bawah ini:

BACA JUGA :  VRITIMES Umumkan Kerjasama Media dengan Bedalagi.com

Coach Priska Sahanaya
081389608249

Penulis:  Anggi Tresna Santika

Spread the love

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Mungkin Anda juga menyukai